Manfaat Tomat Untuk Penderita Diabetes

1 comment
Diet merupakan hal yang terpenting dalam manajemen diabetes guna menjaga gula darah stabil serta mencegah terjadinya komplikasi dengan penyakit lainnya. Tomat seperti halnya sayuran atau buah lainnya yang mengandung karbohidrat. Lantas, apakah penderita diabetes boleh makan tomat,  apa saja manfaat tomat untuk penderita diabetes, kami akan membahasnya.

manfaat tomat untuk penderita diabetes
credit : fir0002 at Wikipedia

Apa penderita diabetes boleh makan tomat?

Dalam satu tomat ukuran sedang terkandung sekitar 5 - 7 gram karbohidrat. Kandungan karbohidrat pada tomat ini sama halnya dengan sebagian besar sayuran dan tergolong rendah. Bahkan lebih rendah dari sayuran bertepung seperti  kentang dan jagung. Selain itu, indeks glikemik tomat juga tergolong rendah jadi mengkonsumsi satu tomat atau hanya beberapa iris tomat tidak berdampak banyak pada gula darah dan relatif aman dikonsumsi penderita diabetes. Ditambah, tomat mengandung banyak sekali gizi yang bermanfaat untuk kesehatan penderita diabetes.

Kandungan nutrisi dan manfaat tomat untuk diabetes


Tomat merupakan sumber yang kaya antioksidan dan mengurangi kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh proses tubuh dimana kerusakan yang dapat mengganggu produksi insulin dan kinerja dalam tubuh. Makan makanan yang mengandung antioksidan tinggi dapat membantu mengurangi risiko komplikasi pada penderita diabetes. Tomat kaya akan vitamin C, vitamin E dan beta karoten, semua antioksidan konvensional. Tomat juga mengandung kadar tinggi fitonutrien seperti flavon dan karoten seperti lycopene dan lutein. Antioksidan ini melindungi tubuh dengan mengurangi peroksidasi lipid. Ini adalah proses kerusakan oksigen ke lemak dalam aliran darah atau dalam membran sel. Antioksidan juga melindungi tubuh dengan meningkatkan fungsi enzim. Dalam sebuah studi yang melibatkan tomat telah menunjukkan bahwa sifat antioksidan menawarkan perlindungan ke ginjal dan aliran darah, dimana keduanya merupakan yang sangat berisiko terkena dampaknya pada penderita diabetes.

Seperti semua antioksidan, lycopene memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu mencegah munculnya masalah kesehatan yang meliputi penyakit jantung, kanker tertentu (prostat, payudara, perut), Alzheimer, dan saat ini sedang dipelajari berkaitan dengan usia degenerasi makula terkait usia. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lycopene dapat membantu kesehatan tulang dan mengurangi kolesterol jahat.

Beberapa nutrisi penting lainnya dalam tomat adalah:
  • Vitamin K : membantu meningkatkan kesehatan tulang yang baik
  • Vitamin B1, B2 & B6 : membantu meningkatkan kesehatan jantung
  • Molybdenum : meningkatkan produksi enzim
  • Kromium dan mangan : membantu menyeimbangkan gula darah
  • Zat Besi : darah yang sehat
  • Fosfor & tembaga : meningkatkan kesehatan tulang yang baik
  • Protein : membantu pembentukan otot

Produk olahan tomat

Beberapa produk olahan tomat telah terkonsentrasi karbohidrat, sehingga mengandung karbohidrat lebih tinggi. Jus tomat mengandung 10 gram karbohidrat per 1 cangkir, sedangkan saus tomat memiliki 14 gram karbohidrat per 1 cangkir. Sementara saus spaghetti mengandung sekitar 35 gram karbohidrat per cangkir. Maka dari itu anda harus menyesuaikannya jika anda ingin memasukkan produk olahan tersebut ke dalam menu diet anda.

Demikian artikel kami tentang manfaat tomat untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

1 komentar:

wah harus sering" konsumsi tomat nih

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.