Dampak Buruk Kentang Goreng Untuk Penderita Diabetes

No Comments
Pada dasarnya mengkonsumsi kentang pada penderita diabetes adalah aman selama dalam batas wajar. Namun kentang goreng merupakan salah satu produk olahan kentang yang buruk untuk kesehatan, terutama jika anda menderita diabetes. Kentang goreng sangat tinggi lemak dan kalori, yang dapat menimbulkan angka risiko kesehatan yang serius jika dikonsumsi secara teratur. Kentang goreng atau juga dikenal sebagai French fries juga biasa mengandung banyak garam (sodium) dimana penderita diabetes juga harus membatasi sodium dan akrilamida, bahan kimia yang telah dikaitkan dengan kanker .

dampak buruk kentang goreng untuk penderita diabetes
credit : Rainer Zenz at Wikipedia

Efek lemak kentang goreng pada diabetes

Mengolah kentang dengan menggorengnya membuatnya sangat tinggi lemak, dan diet tinggi lemak juga meningkatkan risiko kelebihan berat badan. Juga, sebuah studi oleh Diabetes and Obesity Center of Excellence dari University of Washington di Seattle menemukan bahwa diet tinggi lemak dapat melukai sel-sel saraf di otak yang mengontrol berat badan. French fries atau kentang goreng sangat kaya lemak trans dan lemak jenuh. Menurut American Heart Association, lemak trans dan lemak jenuh meningkatkan tingkat kolesterol dalam darah anda, yang meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2. Satu porsi medium kentang goreng mengandung sekitar 17 gram lemak. Menurut Health.gov, total asupan lemak anda berdasarkan diet harian 2.000 kalori sebaiknya tidak lebih dari 65 gram.

Efek karbohidrat kentang goreng pada diabetes

French fries atau kentang goreng sangat tinggi karbohidrat dan sebaiknya anda memasukkannya dalam makanan yang harus dihindari. Penderita diabetes disarankan mengkonsumsi karbohidrat 45 dan 60 gram untuk setiap makan. Sementara dalam satu porsi kentang goreng ukuran kecil saja mengandung 29 gram karbohidrat. Perlu diketahui juga kentang goreng memiliki indeks glikemik cukup tinggi yaitu 75. Tentu saja ini dapat mengakibatkan lonjakan gula darah. Jika anda terpaksa harus mengkonsumsinya, salah satu cara meminimalisir efeknya adalah dengan mengkonsumsinya bersama sayuran hijau non-tepung.

Efek garam kentang goreng pada diabetes

Kentang goreng biasanya sarat akan garam yang dapat membuat sejumlah efek kesehatan yang merugikan bila dikonsumsi secara teratur. The Institute of Medicine merekomendasikan bahwa setiap orang sebaiknya mengkonsumsi kurang dari setengah sendok teh garam sehari, atau antara 1.500 dan 2.000 miligram, tapi kebanyakan orang mengkonsumsi sebanyak 2 sendok teh garam per hari. Diet yang tinggi garam meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung,  ginjal dan stroke. 

Demikian artikel kami tentang dampak buruk kentang goreng untuk penderita diabetes, semoga bermanfaat.

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.